nIiiIH........!!! tRiMa TiiNjuUuUu Gw

Entri Populer

Kaum Syi'ah Lakukan Aksi Demo di Saudi

Ratusan warga Syi'ah Saudi turun ke jalan-jalan di provinsi timur al-Ahsa, menuntut pembebasan segera seorang ulama senior Syi'ah yang ditahan aparat. Aksi protes damai, yang mengutuk penahanan yang dilakukan pemerintah Saudi terhadap Syaikh Tawfiq al-Amir, diselenggarakan di distrik al-Hufuf setelah Shalat Jumat.
Ulama Syi'ah tersebut ditangkap Jumat lalu setelah khotbah Jumat di mana dalam khotbahnya ia mengatakan Arab Saudi harus menjadi monarki konstitusional.
Syaikh Tawfiq al-Amir telah ditangkap beberapa kali karena menuntut kebebasan bagi paham Syi'ah, minoritas di Arab Saudi, mendapat kebebasan untuk melaksanakan ajaran agama mereka.
Aksi Protes Jumat kemarin (4/3) datang satu hari setelah demonstrasi serupa di provinsi ini.  Pada hari Kamis sebelumnya, ratusan demonstran di kota-kota Qathif dan Awamiyya turun ke jalan dan menyerukan pembebasan tahanan Syi'ah, yang mereka katakan ditahan secara tidak adil, beberapa diantaranya ditahan selama 16 tahun.
"Kami ingin para tahanan bebas tapi kami juga memiliki tuntutan lain. Kami ingin kesetaraan," kata seorang pengunjuk rasa di Qathif.
Pemerintah Saudi telah menangkap 22 orang yang ikut ambil bagian dalam aksi protes di wilayah Qathif.
Aksi Protes terbaru berlatar belakang seruan protes anti-pemerintah yang diperkirakan semakin besar pada bulan Maret ini.
Para pemuda Syi'ah Saudi telah menamai 11 Maret sebagai Hari Kemarahan di situs jejaring sosial Facebook. [fq/prtv/erm/syiahindonesia.com]

0 komentar: